Friday, March 16, 2018

Perawatan Gendang Telinga Berlubang Di Rumah

Gendang telinga pecah atau berlubang dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Meski masih bisa mendengar, Perawatan Gendang Telinga Berlubang harus tetap dilakukan. Selain melakukan pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter, Anda juga bisa melakukan perawatan di rumah. Bila Anda mengalami gendang telinga berlubang, sebaiknya Anda membatasi aktifitas diluar rumah, karena khawatir terjadi infeksi. Gendang telinga pecah tidak berbahaya, namun jika infeksi akan sangat berbahaya. Apa saja yang bisa Anda lakukan dirumah untuk merawat gendang telinga yang pecah atau berlubang ?, berikut ulasan selengkapnya ..

Penyebab Gendang Telinga Berlubang

Perawatan Gendang Telinga Berlubang
Gendang telinga yang berlubang adalah lubang atau robekan di gendang telinga. Mungkin tidak nyaman tapi tidak berbahaya dan bisa sembuh.

Gendang telinga, juga dikenal sebagai membran timpani, adalah lapisan tipis jaringan yang memisahkan telinga luar dari telinga tengah.

Jika Anda memiliki gendang telinga berlubang, pendengaran Anda mungkin akan terpengaruh dan Anda akan sakit telinga. Setiap gangguan pendengaran biasanya bersifat sementara.

Ada beberapa kemungkinan penyebab gendang telinga berlubang. Penyebab paling umum adalah infeksi telinga tengah. Bisa juga disebabkan oleh suara keras atau luka di telinga.

Jika Anda memiliki gendang telinga berlubang, hindari udara luar atau korek kuping dan minum obat penghilang rasa sakit sesuai resep dokter. Pembedahan mungkin diperlukan pada kasus yang parah.

Infeksi telinga tengah
Infeksi telinga tengah adalah salah satu penyebab paling umum dari gendang telinga berlubang. Jika Anda memiliki infeksi telinga, nanah bisa terbentuk di dalam telinga dan menekan gendang telinga Anda.
Kadang-kadang, jumlah nanah di telinga Anda dapat membangun begitu banyak sehingga gendang telinga pecah, sehingga nanah keluar. Lendir lendir ini adalah gejala umum dari gendang telinga berlubang.

Cedera
Gendang telinga berlubang kadang-kadang disebabkan oleh luka pada gendang telinga. Misalnya, pukulan berat ke telinga atau menusuk benda, seperti cotton bud, jauh ke telinga bisa melubangi gendang telinga Anda.

Suara keras
Gendang telinga berlubang bisa disebabkan oleh suara keras tiba-tiba. Misalnya, gelombang kejut dari ledakan keras bisa merusak bagian sensitif telinga Anda, termasuk gendang telinga.
Gendang telinga berlubang yang disebabkan oleh suara keras seringkali menyebabkan gangguan pendengaran berat dan dering di telinga Anda ( tinnitus ).

Perubahan tekanan udara
Tiba-tiba perubahan tekanan udara, seperti saat ketinggian di pesawat terbang, sering menimbulkan rasa sakit di telinga. Terkadang, perubahan tekanan mendadak bisa menyebabkan gendang telinga Anda menjadi berlubang. Serta saat terbang, ini bisa terjadi saat Anda sedang scuba diving atau mengemudi di tempat yang tinggi.
Hal ini terjadi karena ada perbedaan besar antara tekanan udara di luar telinga dan tekanan di telinga tengah.

Berikut beberapa pengobatan yang direkomendasikan untuk gendang telinga berlubang:

Obat penghilang rasa sakit
Rasa sakit atau ketidaknyamanan yang disebabkan oleh gendang telinga berlubang dapat diobati dengan menggunakan obat penghilang rasa sakit, seperti  parasetamol atau ibuprofen. Jangan pernah memberi aspirin pada anak di bawah 16 tahun.
Dalam beberapa kasus ibuprofen tidak dianjurkan, seperti jika Anda menderita tukak lambung. Hal itu juga bisa menimbulkan efek samping.
Anda mungkin ingin mencoba meletakkan botol air panas yang dibungkus handuk di telinga Anda, karena ini kadang mengurangi ketidaknyamanan.

Antibiotik
Dokter mungkin meresepkan antibiotik jika gendang telinga berlubang Anda disebabkan oleh infeksi, atau jika ada risiko bahwa infeksi akan berkembang sementara gendang telinga Anda sembuh. Anda mungkin diresepkan antibiotik eardrops atau tablet untuk ditelan.

Operasi
Anda mungkin perlu pembedahan jika gendang telinga berlubang Anda parah atau tidak sembuh. Prosedur yang digunakan untuk memperbaiki gendang telinga berlubang dikenal sebagai myringoplasty.

Myringoplasty mungkin direkomendasikan untuk:
  • mencegah air memasuki telinga tengah Anda (yang dapat menyebabkan infeksi)
  • kurangi kemungkinan infeksi telinga
  • memperbaiki pendengaran
Jika Anda memutuskan untuk melakukan myringoplasty, Anda akan dirawat di bagian spesialis, hidung dan tenggorokan (THT) di rumah sakit setempat. Bergantung pada keadaan Anda, waktu yang Anda habiskan di rumah sakit akan bervariasi dari beberapa jam sampai dua hari.

Prosedur myringoplasty akan dilakukan dengan anestesi umum, jadi Anda akan tertidur sepanjang prosedur ini. Biasanya butuh satu atau dua jam. Sepotong kecil jaringan biasanya diambil dari atas telinga Anda dan digunakan untuk menutup lubang di gendang telinga Anda. Ini dikenal sebagai graft.

Dokter bedah menggunakan mikroskop dan peralatan bedah yang sangat kecil untuk menutup lubang dengan cangkok kulit. Terkadang, potongan dibuat di belakang telinga untuk mengakses gendang telinga Anda dengan lebih mudah.

Setelah prosedur, dressing akan ditempatkan di dalam saluran telinga dan bantalan katun wol akan diletakkan di atas telinga dan dipegang dengan perban. Anda mungkin juga memiliki beberapa jahitan.

Myringoplasty seharusnya tidak menyebabkan terlalu banyak rasa sakit, tapi jika perlu Anda bisa mengonsumsi obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol. Anda mungkin mengalami beberapa pusing selama dua atau tiga minggu.

Dua sampai empat minggu setelah operasi, Anda akan mendapat janji di klinik rawat jalan agar pembalut Anda diangkat dan pemeriksaan telinga Anda.

Jauhkan luka kering sampai sembuh. Jangan berenang dan jaga agar telinga tetap tertutup saat Anda mandi. Jangan terbang sampai dokter Anda mengatakan aman untuk melakukannya.

Perawatan Gendang Telinga Berlubang Di Rumah

Selain mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, Anda juga bisa mengkombinasikan atau memilih obat herbal. Meski telah banyak obat herbal dipasaran, namun Anda harus berhati-hati, karena tidak semua obat tersebut aman. Pastikan Anda bertanya terlebih dahulu khasiat, legalitas, dan efek sampingnya. Selain dengan obat-obatan, Anda juga harus melakukan pencegahan. Jika gendang telinga berlubang, sebaiknya air tidak boleh masuk ke dalam telinga, terkena debu, dan jangan memakai korek kuping. Selama Anda melakukan tindakan pengobatan dan pencegahan, Anda juga tidak boleh mendengarkan musik terlalu keras. Gendang telinga berlubang tidak berbahaya, namun bisa sangat berbahaya bila terjadi infeksi. Jadi pastikan selalu menjaga kondisi kesehatan Anda.

Obat Herbal AgaricProUntuk membantu mengobati gendang telinga berlubang dan mencegah terjadinya infeksi, kami rekomendasikan obat herbal. AgaricPro adalah obat herbal yang telah diformulasikan untuk membantu mengobati masalah pendengaran. AgaricPro terbuat dari bahan-bahan alami yang sudah teruji akan khasiatnya. Madu, Jamur agaricus, Extract bunga rosella, Extract sarang semut, Blazei murill, Propolis, Extract kulit manggis, dan Gula aren adalah komposisi utama AgaricPro. Khasiat AgaricPro bisa mencegah dan mengobati berbagai jenis penyakit, seperti tumor, infeksi, diabetes, radang, dll. Lalu apakah AgaricPro bisa mengobati gendang telinga berlubang ?, tentu bisa karena kandungannya bisa meregenerasi sel saraf yang rusak. Proses regenerasi sel ini bisa membantu menormalkan kembali gendang telinga yang berlubang.

Selama Anda dirumah, Anda bisa mengkonsumsi obat herbal AgaricPro untuk membantu mempercepat penyembuhan. Jika mempunyai obat dari dokter, apakah bisa dikombinasikan dengan AgaricPro ?, tentu bisa, asalkan dikonsumsi satu jam sebelum atau sesudah mengkonsumsi obat dari dokter. AgaricPro sangat cocok dikonsumsi oleh semua umur dan kalangan, namun tidak direkomendasikan untuk ibu hamil. Jika Anda berminat dengan produk ini, silahkan kirimkan format pemesanan sesuai petunjuk di bawah ini:
KETIK PESAN: AGARICPRO , JUMLAH PESANAN , NAMA ANDA , ALAMAT LENGKAP , NO TLP/HP.   
Lalu kirim ke SMS/WA/LINE: 087725229158 / BBM: regina99
CONTOH: AgaricPro , 2 Box , Risma (Mama Kinanti) , Jl. Mitra Batik Perum Kersanegara Blok J No.3 Rt.06/RW.09 Kec.Tawang Kota Tasikmalaya , 085325785258.
Lalu kirim ke SMS/WA/LINE: 087725229158 / BBM: regina99

Setelah anda mengirimkan format pemesanan tersebut, maka kami akan langsung membalas dan mengkonfirmasi pesanan anda

HARGA: Rp. 200.000/BOX isi 10 sachet

CATATAN: Barang di kirim via paket JNE langsung ke alamat tujuan. Proses pembayaran di transfer melalui REK BANK yang telah kami sediakan (BCA, BRI, dan MANDIRI). Jika Anda tidak mempunyai ATM/Rekening, Anda bisa bayar cash di Bank atau Kantor POS terdekat.

Informasi Lebih Lanjut Silahkan Hubungi:
Sekali lagi kami ingatkan jika gendang telinga berlubang tidak berbahaya, karena bisa sembuh dengan sendirinya. Namun Anda harus mencegah terjadinya infeksi selama gendang telinga berlubang. Pastikan Anda selalu menjaga diri Anda dari risiko infeksi. Bila Anda mencari Perawatan Gendang Telinga Berlubang paling mudah dan aman, kini telah hadir AgaricPro sebagai obat herbal untuk membantu penyembuhan gendang telinga berlubang. Semoga bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment